Jakarta, Propertytimes.id – Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini dan membuat berbagai sektor bisnis terkena dampaknya. Salah satunya adalah sektor properti yang mengalami keterpurukan di awal pandemi. Hal ini pula yang membuat banyak pihak penasaran apakah saat ini masih menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi properti?
M Gali Ade Nofrans, pengamat properti dari Epic Properti, mengungkapkan, bahwa masa pandemi Covid-19 merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi maupun membeli properti. “Sekarang ini waktu sangat tepat untuk investasi atau membeli properti,” kata Nofrans dalam webinar yang digelar pada Rabu (26/8/2020).
Menurutnya, hal ini dikarenakan ada banyak pemilik properti yang ingin melepas aset mereka untuk kebutuhan bisnis ataupun pribadi. Selain itu pelaku pasar properti saat ini tengah menahan diri sehingga kondisi ini membentuk sebuah buyers market (pasar pembeli).
Nofrans juga menjelaskan pengembang hingga perbankan telah mengeluarkan berbagai promo agar menarik konsumen dalam membeli properti, dan melakukan pemasaran secara digital oleh para pengembang maupun pelaku bisnis.
“Karena semua pengembang maupun bank sudah gencar di media digital, jadi pembeli lebih mudah untuk mencari informasi. Membandingkan produk yang ingin mereka dapatkan,” jelasnya.
Para pengembang juga diminta agar terus memperhatikan strategi pemasaran digital dengan konten yang baik agar target pasar terpenuhi. Apalagi pasar properti saat ini khususnya untuk hunian didominasi oleh end user. Meski ada beberapa pengembang yang menahan untuk meluncurkan produk baru, namun ada beberapa pengembang yang berhasil meraih penjualan atau mendapat respon positif dari pembeli dari end user.
Sementara GM Marketing & Sales Harvest City Piter Simponi yang hadir dalam webinar mengatakan hal serupa. Banyak pihak berusaha menahan diri, para pemilik dana bisa mengalokasikan dana mereka ke aset properti.
“Properti adalah investasi yang tiap tahun akan mengalami kenaikan capital gain, biasanya akan meningkat sekitar 15% hingga 20% setiap tahun,” ungkap Piter. Serta menurutnya pelaku industri properti saat ini harus bisa berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi yang ada. Seperti yang telah dilakukan Harvest City dalam mengupayakan menjadi brand yang peduli dalam kondisi kenormalan baru. SA