Surabaya, Propertytimes.id – Perusahaan pengembang PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) terus menyiapkan berbagai langkah inovatif sebagai upaya meningkatkan kualitas pada proyek-proyek yang dikembangkan. Salah satunya, pengembangan properti di kota Surabaya, Jawa Timur.
Perseroan saat ini memiliki dua pengembangan kawasan perumahan di wilayah Surabaya. Berlokasi di kawasan Surabaya Barat, masing-masing adalah kawasan perumahan Graha Famili seluas 280 hektar dan Graha Natura dengan area pengembangan seluas 86 hektar. Berbeda dengan Graha Famili yang menyasar segmen pasar atas dan premium, pengembangan perumahan Graha Natura lebih diperutukkan untuk segmen menengah keatas dengan harga unit properti lebih terjangkau.
Harto Laksono Direktur Pemasaran PT Intiland Grande, anak usaha perseroan untuk pengembangan di Surabaya, menilai bahwa saat ini adalah momentum terbaik untuk membeli properti, karena berpotensi memberikan keuntungan terbaik bagi konsumen. “Saat ini adalah momentum bagi konsumen karena mendapatkan harga terbaik. Sebagai developer kami harus lebih kreatif dan inovatif untuk memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen dari sisi produk dan layanan,” ujarnya.
Dirinya menuturkan, jika Perseroan mengakui di tengah kondisi pasar yang masih menantang, cukup banyak konsumen yang memanfaatkan momentum dengan membeli properti saat ini. Penjualan produk-produk hunian, khususnya rumah tapak terbukti relatif masih bergerak, bahkan dua bulan terakhir justru mulai mengalami tren peningkatan. “Kami merasakan pasar properti mulai bergerak dan menunjukkan tren kenaikan di dua bulan terakhir, khususnya dari segmen konsumen end user. Mulai banyak konsumen yang menanyakan produk baru atau datang langsung ke show unit. Rata-rata didominasi oleh keluarga muda dan kelompok milenial,” kata Harto Laksono.
Karena itu, untuk mengantisipasi tren meningkatnya permintaan pasar, Perseroan telah menyiapkan sebuah pengembangan klaster baru di kawasan perumahan Graha Natura. Klaster ini menawarkan unit-unit rumah dengan ukuran compact yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, khususnya para keluarga muda dan kelompok milenial.
“Kami optimis produk rumah dengan luasan compact masih menjadi pilihan favorit di Surabaya. Selain menawarkan konsep desain yang baik dan sehat, unit-unit rumah di klaster ini juga relatif lebih terjangkau dan sesuai dengan daya beli konsumen di segmen menengah,” ujarnya.
Mengadopsi konsep desain tropikal modern, unit-unit rumah dua lantai ini dirancang sebagai rumah sehat dengan sirkulasi udara pencahayaan yang baik. Perseroan menyediakan empat tipe dengan ukuran lebar lahan mulai 5 meter. “Pilihan tipe rumah dengan ukuran tersebut sesuai dengan target pasarnya, yaitu keluarga muda yang cenderung menyukai rumah yang tidak terlalu besar tetapi tetap nyaman. Kami akan mulai pasarkan awal Agustus 2020 dengan harga yang terjangkau,” lanjut Harto Laksono. Greeds