Jakarta, propertytimes.id – Pesatnya perkembangan teknologi yang berdampak pada terjadinya proses transfromasi digital, tak bisa dipungkiri turut mengubah berbagai sektor kehidupan manusia menjadi lebih efisien dan mudah. Sebagai contoh, untuk mengakses komunikasi dan informasi yang sebelumnya membutuhkan banyak waktu dan biaya, dalam kondisi kekinian dapat ditempuh hanya dalam sekejap mata.
Seiring waktu, fungsi dari transformasi digital pun tak lagi berbatas. Ia tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan mencari informasi semata, namun lebih dari itu, ia juga dapat digunakan pada multi sektor, termasuk properti, khususnya bagi para penghuni maupun pengelola rumah susun dan apartemen.
Rizaldi Sistiabudi, Marketing Director PT Realta Chakradarma – perusahaan jasa konsultan berbasis IT, mengatakan, salah satu dampak dari transformasi digital yang dapat dirasakan para penghuni maupun pengelola rumah susun dan apartemen tersebut diantaranya, menambah keamanan, kenyamanan, dan kemudahan, khususnya dalam hal pelayanan pengelolaan.
Menurut Rizaldi, kenyamanan hunian sangat erat kaitannya dengan kualitas hidup. Untuk itu, pihaknya meluncurkan inovasi teknologi dengan layanan terbarunya bertajuk Bimasakti as a Service, untuk meningkatkan pelayanan, memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan, baik kepada para penghuni maupun kepada pengelola rumah susun maupun apartemen. Bimasakti as a Service sendiri merupakan aplikasi system informasi melalui platform layanan komputasi awan yang memungkinkan para pengelola maupun pengembang rumah susun untuk berinteraktif ke seluruh penghuni melalui smartphone mereka.
“Pengelolaan apartemen bukanlah hal sepele karena sangat mempengaruhi kehidupan banyak orang. Hal inilah yang menginspirasi kami dalam meluncurkan aplikasi Bimasakti,” ujar Rizaldi, di acara peluncuran layanan Bimasakti as a Service, di Hotel Ayana Mid Plaza, Jakarta, Kamis (5/12).

Dengan pelayanan yang terjangkau 24 jam selama 7 hari, kata Rizaldi, pihaknya memastikan kenyamanan tetap terjaga baik dalam mengajukan permohonan (service) maupun menyampaikan keluhan (complaint).
“Semua dilakukan dengan proses yang cepat, mudah, dan senantiasa dapat dipantau progress-nya. Begitu juga bagi penghuni yang membutuhkan akses fasilitas publik yang tersedia di apartemen, mulai dari penjadwalan sampai dengan pembayaran dapat dilakukan secara instan,” jelas Rizaldi.
Sementara bagi pengelola apartemen, imbuh Rizaldi, layanan Bimasakti as a Service yang ditawarkan dengan paket harga mulai Rp 25 juta, akan memberikan efisiensi yang luar biasa pada proses billing atau penagihan biaya. Mulai dari proses pencatatan, penghitungan, penyebaran, pembayaran, sampai pengakuan pembayaran tidak ada yang luput dari mata rantai transformasi digital.
Rizaldi mencontohkan, setiap awal bulan, penghuni secara otomatis akan menerima laporan pada smartphone mereka serta reminder untuk melakukan pembayaran secara berkala. Begitu juga pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung dan aman melalui berbagai jalur seperti kartu kredit, transfer bank, ATM, bahkan melalui dompet digital. Kiki