Property Times
  • Home
  • Headline
  • News
  • The Pavilion Sawangan
  • The Project
  • Building Material
  • Technology
  • Korporasi
  • Design Architecture
  • Travel & Leisure
  • Figure
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • News
  • The Pavilion Sawangan
  • The Project
  • Building Material
  • Technology
  • Korporasi
  • Design Architecture
  • Travel & Leisure
  • Figure
No Result
View All Result
Property Times
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • News
  • The Pavilion Sawangan
  • The Project
  • Building Material
  • Technology
  • Korporasi
  • Design Architecture
  • Travel & Leisure
  • Figure
Home Accomodation & Hotel

Bukan Modal! Ternyata Ini Penghambat Terbesar Penginapan Kecil Naik Kelas

Redaksi by Redaksi
October 2, 2025
in Accomodation & Hotel, Business, Headline, News, Tourism, Travel & Leisure, Trend, World
0
Dipicu oleh Rendahnya Pembatalan Reservasi Secara Global, Tarif Harian Rata-rata Hotel di Indonesia Naik di 2024

Ilustrasi pemesanan hotel. (dok. SiteMinder)

20
SHARES
110
VIEWS
Share on FacebookShare On WhatsApp

Jakarta, Propertytimes.id – Menjalankan penginapan kecil ternyata tak semudah yang dibayangkan. Sebuah penelitian terbaru dari SiteMinder, platform manajemen pemesanan hotel global, mengungkapkan kenyataan yang dihadapi banyak pelaku usaha. Menurut laporan mereka, hanya 16% penginapan kecil yang bisa benar-benar fokus mencari tamu baru, sementara sebagian besar justru sibuk dengan urusan operasional sehari-hari.

Yang menarik, ternyata, hampir setengah dari pengusaha penginapan kecil menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengurusi tugas-tugas harian seperti check-in tamu dan mengatur kebersihan kamar. Padahal, lebih dari separuh pemilik sebenarnya ingin lebih fokus menjaring tamu baru, namun sulit melepaskan diri dari rutinitas operasional.

Kendala utama yang dihadapi pun cukup beragam. Banyak pemilik yang merasa belum cukup paham dengan teknologi yang bisa membantu menarik lebih banyak tamu. Tak hanya itu, hampir sepertiga dari penginapan kecil masih mempertahankan harga kamar yang sama sepanjang tahun dan hanya menyesuaikan tarif setahun sekali atau bahkan tidak pernah sama sekali.

BACA JUGA: SiteMinder : Wisatawan Indonesia Paling Royal untuk Hotel Ramah Lingkungan

Melihat kondisi ini, SiteMinder menghadirkan solusi melalui generasi terbaru Little Hotelier. Platform ini dirancang khusus untuk membantu penginapan kecil mengadopsi teknologi yang selama ini lebih banyak digunakan hotel-hotel besar.

“Urusan operasional memang penting, tapi seharusnya tidak mengorbankan upaya mencari tamu baru,” jelas Leah Rankin, Chief Product Officer SiteMinder dalam keterangannya. Dengan tools yang tepat, sebut Leah, pengelola penginapan bisa bekerja lebih efisien dan punya lebih banyak waktu untuk fokus pada perkembangan bisnisnya.

Platform terbaru ini menawarkan dua fitur utama yang bisa langsung dimanfaatkan pengusaha. Fitur pertama membantu memantau harga pesaing dan kondisi pasar secara real-time, sementara fitur kedua memudahkan penginapan menjangkau lebih banyak calon tamu melalui berbagai saluran pemesanan online.

Kehadiran teknologi semacam ini sangat dibutuhkan di Indonesia, mengingat 85% sektor akomodasi kita terdiri dari penginapan non-hotel seperti homestay dan guesthouse. “Penginapan kecil sebenarnya punya peluang besar untuk bersaing, asal punya strategi harga dan pemasaran yang tepat,” kata Rio Ricaro, Country Manager SiteMinder Indonesia.

 

Tags: akomodasibisnis hospitalityChannels PlusDynamic Revenue PlushomestayHotelLittle Hotelieroperasional hotelpariwisata Indonesia.penginapan kecilrevenue managementSiteMinderstrategi pemasaranstudi industritantangan usahateknologi hotel
Previous Post

Astra International Resmi Kuasai Mayoritas Saham Mega Manunggal Property

Next Post

Pudjiadi Prestige Buka Suara Soal Penurunan Penjualan dan Rencana Bangun Cluster Premium di Lebak Bulus

Next Post
Pudjiadi Prestige Buka Suara Soal Penurunan Penjualan dan Rencana Bangun Cluster Premium di Lebak Bulus

Pudjiadi Prestige Buka Suara Soal Penurunan Penjualan dan Rencana Bangun Cluster Premium di Lebak Bulus

Terpopuler

  • Mengenal Sosok Hiramsyah Thaib, Presiden Direktur PT Sentul City Tbk yang Baru

    Mengenal Sosok Hiramsyah Thaib, Presiden Direktur PT Sentul City Tbk yang Baru

    156 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Tantangan Sektor Properti Tahun 2025

    138 shares
    Share 55 Tweet 35
  • Bapak Real Estate Indonesia Itu Berpulang

    86 shares
    Share 34 Tweet 22
  • GNA Group Luncurkan Golden Sawangan, Hunian Menengah dengan Lokasi Paling Prestisius di Sawangan

    68 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Curhatan Salah Satu Debitur BTN: Ketika Restrukturisasi KPR Malah Jadi Masalah Baru

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
PT Leksana Komunikasi Media

Redaksi, Komunikasi, Pemasaran dan Riset :
Email : redaksi@propertytimes.id redaksi.propertytimes@gmail.com marketing@propertytimes.id

MENU

  • Figure
  • Q&A
  • Brokerages
  • E-Magazine
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
  • About
  • Privacy Policy
  • Trademarks
  • Terms of Service

©2018 - 2025 Propertytimes.id

No Result
View All Result
  • Figure
  • Q&A
  • Brokerages
  • E-Magazine
  • Pedoman Media Cyber
  • Redaksi
  • About
  • Privacy Policy
  • Trademarks
  • Terms of Service

©2018 - 2025 Propertytimes.id