Hadirkan Kemewahan Melalui Pelapis Lantai

09 October 2019 19 Headline The Project
Whatsapp Mail
Keramik

Jakarta, propertytimes.id - Lantai merupakan salah satu dari beberapa elemen penyusun arsitektur bangunan. Keberadaannya adalah mutlak, esensial, sehingga akan membentuk identitas dan karakter dari sebuah rumah atau bangunan itu sendiri.

Rumah yang cantik bukan sekadar rumah yang besar atau dipenuhi perabotan mahal. Kadang, rumah yang cantik adalah rumah yang nyaman, di mana di rumah tersebut bukan hanya didukung dekorasinya yang menyenangkan tetapi juga sesuai kebutuhan sehingga pemiliknya bisa mengoptimalkan fungsi perabot yang ada.

Dalam mendesain sebuah rumah, pastinya kita akan dihadapkan pada beberapa aspek penting. Selain pemilihan warna cat dan perabotan, lantai juga membutuhkan perhatian khusus karena akan berpengaruh pada hasil akhir dekorasi dan kenyamanan penggunanya.

Namun, memilih material pelapis lantai terkadang bukanlah suatu perkara yang mudah.  Untuk menyesuaikan dengan berbagai maca-macam konsep bangunan, material lantai yang digunakan haruslah tepat. Contohnya apabila Anda ingin menyulap rumah biasa menjadi mewah, lantai marmer dan granitlah yang cenderung dipilih. Lebih baik, mari simak beberapa ulasan setiap pilihan jenis lantai untuk hunian idaman Anda berikut ini.

Granit

Sebagai salah satu jenis material lantai terpopuler, granit memang tampak mewah karena lebih mengkilap. Lantai ini memiliki karakteristik bodi yang kuat dan diketahui lebih awet atau tahan lama. Kilapnya juga kerap menjadikan lantai granit pilihan untuk membuat rumah terkesan luas dan terang.

Berbeda dengan ubin keramik yang memiliki dua lapisan tanah liat dan glasur granit tile hanya memiliki satu lapisan yang sama dari bagian atas hingga bawahnya atau homogen sehingga pelapis yang satu ini sering juga disebut homogeneous tile. 

Lantai granit memiliki banyak keunggulan sehingga dapat dijadikan pilihan ideal untuk melapisi lantai rumah. Salah satu keunggulan lantai granit adalah lebih kuat dibanding dengan keramik. Ini disebabkan oleh proses pressing yang dilalui oleh lantai granit. Sebelum dibakar dalam suhu 1230OCelcius, lantai granit terlebih dahulu dipres. Proses pres dan pembakaran di suhu setinggi ini membuat body granit tile menjadi lebih kuat. Meski begitu, permukaan lantai granit tetap halus dan sangat cemerlang, hal inilah yang membuat lantai granit tampak mewah.

Keunggulan yang lain dari lantai granit adalah lebih unggul dari segi visual dan mudah diaplikasikan. Tepi granit tile sangat presisi dan membentuk siku. Saat diaplikasikan, material ini tak memerlukan nat yang terlalu lebar sehingga tampilan akhir menjadi mewah. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda.

Bila Anda memilih material granit sebagai pelapis lantai, produk dari PT. Asri Pancawarna bisa menjadi pilihan. Sebagai salah satu produsen granit porcelain tile, PT. Asri Pancawarna kembali meluncurkan rangkaian produk terbaru dalam ajang Keramika 2018. Menariknya produk ini bisa jadi yang pertama di dunia yaitu Indogress ukuran 1 meter dan produk anti bakteria.

Presiden Direktur PT Asri Pancawarna John Suhanto mengatakan, koleksi terbaru Indogress tahun ini selain menghadirkan ukuran 100 x 100 juga rencananya dilengkapi dengan ukuran 45 x 90 untuk melengkapi ukuran-ukuran lain yang sudah ada selama ini yaitu 60 x 60, 80 x 80 dan 60 x 120. 

Istimewanya lagi, PT. Asri Pancawarna menjadi pabrik pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi Nano-antibacteria untuk produk polished tertentu nya yang akan segera diproduksi dalam tahun 2018 ini. "Teknologi ini dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh beberapa jenis bakteri sehingga ruangan menjadi lebih higienis dan mengurangi resiko berkembangnya penyakit yg disebabkan bakteri tersebut," ungkap John.

Menyoal kisaran harganya, produk terbaru ini ditawarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp600 ribuan per meter persegi (M2).

 

Baca Juga : Trend Saniter : Mengedepankan Teknologi Pintar dan Kemewahan

 

Marmer

Marmer atau marble adalah salah satu jenis pelapis lantai paling tahan lama dan serbaguna. Selain digunakan lantai, material ini dapat digunakan juga sebagai pelapis dinding rumah atau dinding tiang. Ragam coraknya yang tidak dapat diseragamkan dan indah inilah yang menjadikan marmer sebagai material unik dan elegan pada interior rumah.

Dari pesona visualnya, lantai marmer memang memiliki daya tarik tersendiri. Terbentuk dari material alamiah, lantai marmer menampilkan tekstur serta corak berbeda yang tidak dimiliki oleh lantai jenis lainnya. Kesan elegan dan berkelas yang ditampilkannya membuat lantai marmer sering digunakan untuk bangunan dan desain rumah mewah. Selain itu, marmer juga bersifat dingin sehingga dapat menyejukan suhu di dalam ruangan.

Salah satu jenis marmer yang paling banyak diminati dan diinginkan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia khususnya para pecinta marmer adalah marmer jenis Onyx. Marmer jenis ini memiliki sifat yang sangat menarik dan memukau di antaranya jernih dan tembus pandang. Marmer jenis Onyx merupakan batu marmer termahal di dunia karena karakternya sangat eksentrik dan atraktif. Sementara, harga marmer jenis Onyx di pasaran adalah berkisar antara 5 sampai 15 juta.

Berita Terkait

Komentar

NEWSTICKER